16 August 2012

Launching Buku ENAM MATA BADIK

Komentar ada... 0
Enam Mata Badik
(antologi Puisi dan Cerpen)

Buku ini ditulis oleh 6 penulis. Terdiri dari 6 cerpen, masing-masing penulis menulis 1 cerpen dan sebanyak 63 judul puisi. Dilaunching dengan menggelar pagelaran sastra, diskusi dan bedah buku di Gedung Mulo Makassar, 21 Juli 2011. Buku ini merupakan buku yang ke empat yang diterbitkan oleh IPASS Unismuh. Sebelumnya ada buku karya kader mereka yakni; antologi Puisi di Balik Nisan, Putik dalam Sangkar (Antologi Cerpen) dan Vagina Sepotong Bambu (Kusuma Jaya Bulu/Antologi Cerpen).

Ian Konjo, Muh. Nurfajrin, Bayu Balumba, Black Mappaenteng, Akmal Salam dan Kudus Patalima. Keenam penulis adalah Kader dari kelompok Seni Budaya IPASS Unismuh yang kesemuanya adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Uniknya, 6 penulis ini tidak berasal dari background kultur yang sama. Mereka ada dari tanah Ambon, Bugis, Makassar, dan Bima.

6 mata badik adalah adalah “senjata” dari 6 penulis dalam melakukan peperangan terhadapa realitas yang dinilainya memberontak dalam ruang negatif. Badik dianggap sebagai senjata tajam yang tak usah menumpahkan darah. Dalam badik menanggung makna sebagai benteng terakhir dari siri’ na pacce. Buku ini mengusung tematik eksplorasi utama dalam hal cinta, rindu dan perlawanan/kritik sosial.

Mangkasarakku, salah satu puisi karya Black Mappaenteng “menginterupsi sosialitas”. Eksoplorasinya berasal dari kejenuhan penulis melihat Makassar yang mengalami pergeseran nilai secara moral, budaya. Makassar kehilangan roh keluhuran budaya dan banyak lagi yang lainnya. Sejarah penulisan buku ini dimulai pada tahun 2006 ketika 6 penulis ini masih Mahasiswa Baru di kampus Unismuh Makassar. Pada sebuah malam yang gerah, di kamar kost Black Mappaenteng, keenamnya berikrar untuk menerbitkan buku sebelum mereka menjadi sarjana dan pulang kampung untuk mengabdi di tanah kelahiran masing-masing. Dan terbukti, 5 tahun kemudian, ikrar mereka berbuah hasil.


Anda tertarik membaca buku ini? Call: 0853 4228 7186 atau email ke mata.badik@gmail.com atau blogspot http://6matabadik.blogspot.com


(dari sebuah Bincang Kecil di Bawah Pohon Gedung Mulo Makassar, bersama Kudus Patalima dan Black Mappaenteng)


Sumber asli dari: http://www.mercusuarnews.com/2011/07/launching-buku-enam-mata-badik.html

0 Komentar:

Beri Komentar