03 August 2010

Dae'

Komentar ada... 0
Penulis Naskah: Bayu Mbojo

Adegan I

Ada ketimpangan, kerap hadir dan mengkarat pada pola system kekuasaan, meradang merajai serta merasuki setiap diri kita, tanpa sadar ketimpangan itu ternyata dipoles menjadi hal yang lucu, aneh, senonoh dan kita akan lama mengetahuinya bahwa tenyata itu adalah rekayasa kehidupan yang menyedihkan sekaligus menyeramkan. bangkit dari tidur panjang dan membangun kekuatan untuk melawan. sekali lagi kawan, kita terpaksa melawan, memperjuangkan hak-hak kita dari rezim yang jahil.

Terlihat kursi yang di balut kain hitam sebagai simbol kekuasaan mutlak. kursi tersebut di duduki oleh seorang pria bermuka garang, seorang perempuan cantik berlutut di kakinya, sedang yang lainnya tengah memijat bagian sensual tubuh pria kekar itu.

Raja
Namaku Feri Adi Jaya.........
Akulah penguasa di sini, sabdaku adalah satu-satunya hukum yang berlaku di kerajaan ini. Yang melawan aturanku .................. mati.....
Ya, seperti anjing keparat ini..... (sang raja lalu meludahi pria disampingya.
musik yang memilukan dan latar yang menegangkan).
Aku benar-benar sudah muak dengan makhluk keparat ini.
Kau telah berani menantang Sangsury, itu berarti kau telah menantangku. Sebagai hukumannya, kau akan di bunuh.

Ipus
Jangan menyebut-nyebut dewa Sangsury di atas kepongahan aturan yang kau buat sendiri, raja biadab. Sangsury tidak pernah menginginkan pertumpahan darah di sini, aturanmu adalah keserakahan untuk melanggengkan kekuasaanmu. Kau boleh membunuhku hari ini, akan tetapi dewa Sangsury akan murka ketika kebenaran ini ternyata bukanlah sesuatu hal yang dibenarkan oleh sang dewa.

Raja
Diam! Pengawal! Singkirkan makhluk ini dari hadapanku. Jangan lupa, sisakan kepalanya untuk sesembahan kepada sang dewa.

Pengawal
Baik baginda



Adegan II

Terdengar lagu sendu oleh sekolompok musisi yang terpojokkan (di luar latar). Dan di panggung terlihat sekolompok kaum berjalan dalam kebingungan mengekspresikan kesedihan, murka, dan sebagainya.
Tiba-tiba suara bentakkan meggelegar bagai petir.

MANASE
oeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeeee..
Aha….
teryata menjadi antek kerajaan tidaklah begitu sulit.
Hei….. maukah kalian aku kasih tahu rahasia yang paling ampuh untuk cepat di percaya di kerajaan manapun.?
ayolah, kalian cukup katakana iya atau tidak.?
jawabnya sederhana, yaitu cukup kalian jadi anjing saja. maka selasai perkara.
patuh pada majikan, bisa mengusir orang tanpa belas kasihan. cukup dngan bunyi-bunyian saja, (auuummm…)! Kasian juga sich, KASIHAN….tujuh huruf yang mengundang pilu dan menguras air mata, ah.. peduli setan dengan semuanya,,yang penting disini aku heppy, bisa menggunakan fasilitas kerajaan seenaknya,kapan saya butuh dimanapun saya mau,tak peduli hasil pajak rakyat,itu urusannya…

SALONA
(muncul kemudian bersama kurcaci imut dan lucu2)
ada apa Tabara..?
dari kejauhan aku baru2 mendengar syair yang Begitu sendu...! pasti dari keluarga si ipuss itukan..? kurcaci2 kalian mendengarkannya juga to..?

KURCACI
Itan-tra-lala,itin-tri-titi….iye salome…

MANASE
Iye betul itu Salome.
tidak seperti kita,, keluarga ROCK n ROLL ..bagaimana kurcaci..?

KURCACI
Itan-tra-lala,Itin-tri-titi.betul manase

SALONA
sungguh ingusan mereka, meratapi kekalahan dengan puisi-puisi sedih. Aku sungguh muak mendengarkannya....
MANASE.......!!! . Kita telah menang. Saatnya kita harus gantikan lagu mereka dengan lagu kita. Sudah sekian lama kita mendengar syair membosankan itu dari mereka.

MANASE
Bukankah lagu kita masih sama,?
apa itu kurcaci.?

KURCACI 1
“Indonesia Raya” Puang

MANASE
Apa lagi

KURCACI 2
atau “Garuda di Dadaku”

SALONA
Bodoh....!!!
Manase, ini bukan Indonesia....... Ini kerajaan. Kerajaan yang mengajarkan tentang arti kekuatan dan kekuasaan. Yang bertahan, dialah yang keluar sebagai juara dan yang lemah….! Kurcaci jelaskan.

KURCACI
Is dead,,,, is dead,,,,is dead…

SALONA
(Manase kini kita telah menumbangkan peradaban jahil yang mengatasnamakan persaudaraan, kekeluargaan, dan kebersamaan. Padahal yang mereka perbuat adalah kekacauan).
hei,,kalian akan ku ajarkan sesuatu hal yang berkaitan dengan tugas2 kerajaan yang sangat penting dan rahasia,kurcaci2ku yang baik,,kalian duduk yang manis,dengarkan yang baik dan jangan sampai ketahuan,sebab kapan ini ketahuan,maka malulah kita,.tapi tunggu dulu,sebelumya kalian saya absen.
ase si ase
patase tase
manase..
baaaase.
mana si base…?
(SALOME KELIHATAN BENGONG KARENA TIDAK MELIHAT SI BASE) tiba2 di luar terdengar suara si base berpantun

BASE
BUAH kedondong,buah kedondong,,,dang ding dung dong

KURCACI
artinya..

BASE
Kasih masukka kodong

SALONA
Base’ kau dari mana saja,kemarilah,duduklah disini,kalian akan saya kasih tau beberapa hal,,.bagaimana menurut kalian anak2…

KURCACI
maksudnya Salona…?

SALONA
O…sory,saya belom mengeluarkan pendapat ya…

MANASE
Salona,,jangan bilang kalau ini masalah skandal bank senturi

SALONA
edede, century miseng, basimi, di alihkanmi isunya ke persoalan teroris, tapi Manase, kasusnya
Hampir sama dengan persoalan skandal, ya ini masih soal skandal mengandal, cuman bedanya ada pada pemimpinnya, raja kita.kalau di luar sana pimpinanya melakukan skandal korupsi,
aha….. disini kita akan menutupi skandal pelecehan seksual yang di lakukan oleh raja kita..

BASE
Apa,? raja kita..? Adi jaya maksud lho..? kita..?
lhu aja kali, kami kaga’

SAALONA
bayangkan saja, gadis-gadis cantik yang datang mengantarkan upetinya, raja kita mulai beraksi, tangannya mulai meraba-raba, mulai dari bagian atas sampai yang bagian bawah ..ohh, gadis2 itupun mulai merintih-rintih…
(para kurcaci itupun melakukan gerakan sensual mengukuti alur cerita salona sampai akhirnya mereke di tegur)

BAASE
kenapa dewa kita tidak berniat mengutuk itu.?

SALONA
dewa hanya tahu bahwa yang setia mempersembahkan kepala kepadanya dan aplagi kalau darah perwan, ai…cepat sekali itu direspon dan itulah yang di anggap yang mengabdi kepadanya..
baiklah anak2
kalian akan saya kasih tugas kerajaan.

BASE
Salona.. janganmi lagi kasih tugas dech,,banyakmi tugas kodong,belum lagi ku kerja tugas yang kemarin di suruh mencari 5 contoh kalimat integrasi sintaksis,semantic,fonologi,morfologi…

ASE SI ASE
Icin-cirici-ucan-cara-caraca.. cape’ dech
iyomi salona,,banyakmi tiugas kodong..

SALONA
Tapi anak2, untuk tugas kali ini tidak serumit itu, ini tugas sebagai pengganti mit dan final.

ASE SI ASE- PATASE
apam-para-parapa-upim-mpiri-piripi…apa itu salona.?

SALONA
Cukup kalian beli diktat saja,,amanmi itu. Dan mulai saat ini aku ingin kalian memanggilku dae atau supaya keren panggil aku puang dae……….mengerti….?

KURCACI
itan-tralala-ippampara-parapa,,,mengerti salome,,!

SALONA
Panggil aku puang Dae. dodol....!!!

KURCACI
Iya dodol. Eh,puang Dae

MANASE
Tapi, kenapa seketika kau ingin dipanggil dengan sebutan Dae, wahai Salome?

SALONA
Ketahuilah Manase, aku adalah kerabat dari baginda raja Fery Adi Jaya. Dan dewa Sangsury telah menobatkan sebutan Dae bagi sang raja Fery yang selama ini berjuang untuk setiap tumbal yang dipersembahkan pada sang dewa. Jadi mulai hari ini, garis keturunan kita sangat terhormat. Sebutan suci bagi siapapun yang berdarah raja adalah Dae.

MANASE
Kalau begitu...... Mulai hari ini, panggil aku Dae Tabara juga. He...he...he....

ASE SI ASE
Aku juga

PATASE
Aaaa aku juga ya…!

BASE
Aku yang lebih cocok ka kalian itu bukan asli orang disini, kau ase orang bima, I kau patase orng Ambon, dimana nyambungnya..?

( mereka tidak mau mengalah dan akhirnya melakukan sut dengan cara…)

SALOME
sudahlah….
I kau manase, aku ingin kau kumpulkan semua kerabat yang mengalir darah Dae dalam sanubarinya. Malam tujuh belas ketika purnama penuh, akan ada sesembahan bagi dewa.


Adegan III
di panggung seorang perempuan yang begitu lesuh duduk di sebuah kursi rongsokan,sementara di bawahnya beberapa laki2 yang kehilangan semangat mendengarkan cerita sang perempuan

LAKI-LAKI 1
Jika disana sini hanya terjadi kekacaun, pertumpahan darah, apakah kita sanggup tinggal pada bumi yang kian lama kian tak temui kedamain lagi?

IMA (PEREMPUAN)
Aku tahu kau begitu kecewa. Simpanlah rasa kecewa, dendam, dan amarah pada dasar hatimu. Gantilah dengan semangat kebersamaan seperti yang telah kuajarkan.

LAKI-LAKI2
Tak bisa kubayangkan, alangkah indahnya tinggal di negeri yang aman dengan penduduk yang rukun dan ramah.

IMA
Jangan bermimpi,…. Memang di tanah inilah kalian di lahirkan. Tanah yang di perjuangkan oleh buyut kalian dari pengaruh buruk kebodohan. satu-satunya wasiat mereka adalah bagaimna manusia yang tinggal di tanah ini tetap hidup aman dan rukun. Kalau saja bukan aku dan ayahmu yang membesarkan kalian, kami sudah lama pergi dan menjauh dari tempat ini. Aku betul-betul merasa tersakiti kalau kalian dituding melakukan kekacauan di kerajaan ini oleh Adi Jaya dan sekutunya.

LAKI-LAKI 3
Kenapa harus keluarga kita.?

IMA
Dulu sebelum Fery Adi Jaya berkuasa, bapak kalian dan seluruh kerabat kitalah yang selalu disebut-sebut sebagai biang kekacauan. keluarga kita selalu diadukan kepada sang dewa oleh Adi Jaya, oleh karena ia ingin berkuasa di kerajaan ini, Bagi mereka,kelurga kita adalah satu2nya keluarga yang di anggap mengancam dan menghalang-halangi keinginan adijaya untuk berkuasa, segala cara telah ia halalkan, hingga akhirnya Adi jaya betul2 sudah memenangkan pertaruhan ini, maka bapak kalian di jadikan tumbal untuk penyembahan nanti... Kalau saja dewa Sangsury tahu atas kekejaman Fery Adi Jaya sekarang ini, betapa dia akan sangat murka.

LAKI2 3
Kenapa? Bukankah dewa menginginkan hal itu?

IMA
Sangsury hanya membutuhkan kepala manusia yang memang menantang aturannya, bukan aturan raja.

LAKI2 1
Jadi apa yang mesti kAmi lakukan ibu………?

IMA
kita tidak bisa berbuat banyak,,, Adi jaya telah memperluas pengaruh buruk dengan mengancam siapapun yang melawannya. Aku khawatir kalian akan menjadi korban selanjutnya

LAKI-LAKI 2
Bagaimana kalau kita minta petunjuk kepada paman Jira?

IMA
Itu lebih baik karena masalah ini tidak terlepas dari sejarah peradaban suksesnya tanah dan kerajaan ini.
Iya. Dia yang telah membangun separuh peradaban di kerajaan ini dengan nilai-nilai kebajikan. Dan kearifannya telah mengantarkannya manjadi orang penting di kerajaannya. Akan tetapi, Adi Jaya tidak pernah merasa tenang melihat ketenaran paman Jira sehingga dengan licik dan tanpa sepengetahuan raja, Adi Jaya mengadakan ritual pemanggilan dewa. Pada saat itulah di hadapan Sangsury, dia menceritakan hal tentang keburukan paman Jira. Dia terus menghasut sampai akhirnya Sangsury menanamkan kebencian kepada paman Jira dan kepada seluruh kerabatnya bahwa paman Jiralah yang selama ini otak dari kekacauan kerajaan. Paman Jira dituduh mengajarkan kesesatan. hingga akhirnya, Fery Adi Jaya dan sekutunya memenagkan pertarungan ini. Dan itu pertanda kita semua akan menerima sesuatu yang tidak pernah dikehendaki oleh sang pencabut nyawa sekalipun.

LAKI-LAKI 3
Kalau begitu, bagaimana kalau secepatnya kita menemui pamanda kita?


Adegan IV
Suatu petang di istana kerajaan, Nampak para pembesar kerajaan sedang berunding menentukan acara sesembahan.

SALONA
Bagaimana kebijakanta ini puang dae

RAJA ADI
iya, terimakasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya, sebagai raja. menurut saya
Tidak adami lagi kebijakan, aturan mesti di tegakkan, yang melanggar dia harus mati, apa lagi.? lagian cape’ma mengeluarkan kebijakan

TABARA
Sedikit

SALONA
Silahkan

TABARA
Terimakasih atas segala kesempatan yang telah diberikan kepada saya, kalo saya sepakat dengan raja.itu jie.

DEWAN PENASET KERAJAAN
Yang saya hormati puang dae, yang saya muliakan para kurcaci dan majelis musyawarah. untuk persoalan ini, saya kira jelasmi yang salah dan yang disalahkan, keluarga si ipuss itu jelasmi, merekakan yang selalu membuat kekacauan di kerajaan ini walaupun itu tidak benar adanya, mereka harus kita basmi sampai ke akar-akarnya yang pentingkan dewa kita tidak mengetahuinya.

SALONA
Bagaimana menurut kalian kurcaci

ASE SI ASE dan PATASE
(Masing2 mengangkat tangan berebutan ingin mengeluarkan pendapat dan akhirnya mereka melakukan sut dan giliran si Pataselah yang menang )

PATASE
Mewakili teman saya si Ase si ase, tapi sebelumnya yang kami hormati, puang dae salome, yang kami hormati dewan penasehat kerajaan yang tidak lagi sehat.
seesebenarnya, yang harus di hukum itu yang salah, buuukan mereka yang sengaja di carikan kesalahannya.

BASE
Intruksi, puang dae harus jelas dalam menentukan kebijakan, karena ini menyangkut nyawa seseorang, mengeluarkan kebijakan itu haaarusss didaaasaaarkan pada pertimbangan yang jelas

SALONA
Base, kau jaga sikapmu, kita sekarang berbicara dengan puang dae, raja kita.

(keadaan forum mendadak memanas, para pembesar kerajaan yang ikut dalam musyawarah berlomba mengajukan ide dengan masing2 mengangkat tangan.)

ASE SI ASE
(Berteriak mengintruksikan agar semuanya diam)
Diiiiaaaaaaaaaamm
kalian ini kaya’ mahasiswa saja, maunya selalu berkelahi. Begini e.. itu yang di bilang puang salona betulmi itu, akan tetapi I base juga kayaknya lebih benar lagi, karena raja haruslah bertindak tegas, janganki karena raja lalu semauta menghukum orang, kita juga sebagai dewan penaset se3mbarang mentong. dasar tua buta.

PATASE
iyo di’ dari manakah itu s 2 nya itu rajakah, bodoh-bodohta di’? kau juga manase janganko bisa membeo saja kau di situ. samajie juga dengan dewan penasetnya, orang sudah buta, maumi sekarat, hidup lagi, di angkat pula jadi dewan penasehat.. hancurrrrrrrrrrrr..

ASE SI ASE
Dewan penaset kerajaan jie…!

PATASE
Fery adi jayajie…..! tidak pernah mandi, bau gitu lho.. ! selalunya mau memperkosa anaknya orang..

RAJA
(Sang raja Ady jaya terlihat sangat marah, ia merasa telah di hina oleh kurcaci-kurcaci itu)
tai baro ini kalian,, saya ini raja kalian tolo’ kalian mau saya hukum.?
pengawal…kasih keluarmi ini yang tiga orang, buang mereka kelaut.

TABARA
Jadi tudelah kau randu, emangnya enak.

ASE SI ASE
Sebelum kalian mengusir kami. ijinkan aku berkata sepatah dua patah kata.
“rajanya membabi buta
buta itu matanya dewan penasehat
mata itu bulat
bulat itu telur
telur itu kuning
kuning itu tai
tai itu bau
bau itu raja….. priqitiuuuuu”

SALONA
Maafkan atas kelangcangan mereka puang dae, saya harap puang dae bisa memakluminya karena mereka ini masih mau di kader puang dae.
ayo anak-anak, minta maaf sama puang dae.

RAJA
Tidak ada maaf bagi kalian. keluar dari tempat ini..

KURCACI
(Serentak dengan sura terbata-bata )
dadadddddddaaaaaaaaaaaa

SALONA
Solusi mungkin, bagaimana menurut kalian.?

DEWAN PENASET KERAJAAN
Maksudnya salona

SALONA
Saya belum berpendapat ya..? maaf,, maaf puang dae
kalau menurut saya ada satu orang lagi nanti yang mesti kepalanya di penggal, mereka itu satu paket dengan keluarga si Ipuss dan menurut informasi dia sangat berbahaya, karena dia juga akan mengancam kekuasaan puang dae.


ADEGAN V
Terlihat seorang lelaki separuh baya. Dia mengenakan kacamata. Dia terlihat begitu serius menunduk. Sesuatu hal yang direnungkan begitu dalam.

Ima
Puji bagimu yang terkasih sang maha guru hidupku.

Guru Jira
Senyum kalian mengabarkan petaka akan menimpa kita semua anak-anakku. Apa gerangan yang terjadi anak-anakku? Ceritakanlah...!!!

Ima
Benar niang wahai pamanda guru. Fery Adi Jaya telah memenangkan pertarungan ini. Bukankah selama ini dia telah menyatakan bahwa kitalah musuh yang nyata baginya?

Jalu
Iblis kali ya....???

Guru Jira
Keberanian untuk melawan kemungkaran akan mengantarkan kita menemui jalan surga anak-anakku. Setan manapun yang menghalangi kita mesti dimusnahkan. Kembalikan roh peradaban di bumi tempat kita diperkenangkan bernafas dalam damai ini anak-anakku. Kita kembalikan kepercayaan dewa Sangsury.

Ima
lalu bagaimana dengan nasib kakanda ipuss..? sementara waktu yang telah ditentukan kian mendekat guru.?

PAMAN JIRA
Berdoalah semoga tidak akan ada yang mencelakainya anankku, besok aku akan ke istana mencoba selamatkannya dari pembantaiN itu. aku mohon agar kau tenang dan jaga anank2mu.
tapi….
kelak kepergianku tak kembali maka tuhan telah berkehendak lain atas aku dan suamimu. Belajarlah untuk sebuah keikhlasan anakku.

IMA
(hanya bisa menangis mendengar kata pamanda gurunya,dia yakin bahwa itu isyarat sebuah musibah dalam keluarganya).

PAMAN JIRA
Menangislah anankku sebab tidak selamanya air mata itu buruk..


ADEGAN V1

Malam itu, sempurna purnama akan memulai terjadinya bala, amis darah, kepala yang terpisah dari organ tubuh lainpun telah di sediakan di meja persembahan. Ritual pengorbananpun mulai terdengar mengerikan.

DAETUA
(sedang membacakan mantra pemujaan)
hencasera manenti doro ele, manenti doro sgala doro, yang menguasi marindi
mai ka mai, bawa serta masampu ra ma lingi.
jin damaja, mai ka mai, di sini ada darah, ada persembahan. datang.. datanglah…
panca guru, sun,,sun,sundalaka, sundalaka..sun, sun..

(Sementara di tengah asyiknya pembacaan mantra, tiba-tiba paman jira muncul)

PAMAN JIRA
Hentikan semua kebohongan ini, ini tidak di benarkan dalam ajaran kerajaan.

RAJA
Hei,, siapa kau, berani-beraninya mengganggu jalanya persembahan kami.

SALONA
(Ia kemudian membisikan kepada sang raja bahwa itu adalah paman jira)

RAJA
Oh.. jadi ini yang kalian katakan orang yang ingin menumbangkanku, ha,,ha..ha..(adi jaya kemudian terbahak-bahak)
sebuah kehormatan sudah datang di upacara ini, kau datang di saat yang tepat untuk mengantarkan kepalamu bung. (semua pembesar kerajaan tertawa)

TABARA
Datang tak dijemput, pulang tanpa kepala…(lagi-lagi mereka tertawa terkekeh-kekeh)

RAJA
Diammmmmmmmmm
kau cukup berani juga jira. apa gerangan maksud kedatanganmu?

PAMAN JIRA
Kebenaran, !!! aku…. inilah aku yang selama ini kalian cari, aku datang atas nama kebenaran, aku minta untuk tidak terjadi lagi pembantain dan pertumpahan darah di kerajaan ini. Mereka sama sekali tidak bersalah. kalau kalian mau aku bersedia untuk menggantikan mereka, dan tolong bebaskan ipuss.

RAJA
membebaskan ipuss, lalu kemudian diam-diam setelah aku membebaskannya dia melakukan perlawanan, begitu,.? iyo nakke bodohja..

PAMAN JIRA
Lalu apa maumu.?

RAJA
Sederhanajie, aku hanya ingn membuktikan bahwa aku adalah raja yang baik,tidak seperti kebanyakan raja yang lain yang menginnginkan rakyatnya berdiri, aku hanya ingin kalian semua untuk berlutut dihadapanku, mengakui bahwa akulah satu-satunya raja yang ditaati. bagaiman jira..?

PAMAN JIRA
Di sini hanya satu yang mesti kami taati, hanya pada sangsury. kami tidak sudi untuk menyembahmu. Kau tidak lebih dari tulang dan jiwa yang kotor, aku tidak pernah takut pada iblis sepertimu.

DEWAN PENASET KERAJAAN
Janganmi lagi bertela-tele raja, hukum saja dia, karena waktu juga tidak memungkinkan ini. itu aja kok repot..

MANASE
Tunggu dulu, sedikit…
ya saya sepakat dengan dewan,. itu jie.

RAJA
tenang-tenanglah kalian.. aku Tanya kau sekali lagi jira, apakah kau bersedia berlutut.? kalau kau mau aku akan sediakan surga di kerajaan ini untukmu.! anak-anak cucumu tidak akan saya lukai. dan satu lagi… ipuss tidak akan kami penggel kepalanya. bagaimana jira ???

JIRA
baiklah Ady jaya, jika itu yang kau inginkan.
(Raja ady pun terlihat senyum puas, akan tetapi, paman Jira tidak benar-benar ingin berlutut dihadapan raja, Dia merunduk sejanak kemudian bangkit dan menyerang sang raja.


ENDING
Akhirnya sang raja Ady jayapun tewas dan paman jira diseret dan dijadikan sesembahan bersama Ipuss. Sementara kondisi kerajaan mulai kacau setelah kematian adi jaya. Dan anak-anak si ipusspun mulai membangun kekuatan untuk kembali menegakkan dan memperjuangkan kebenaran.

0 Komentar:

Beri Komentar